Image of Optimalisasi dan Peluang Sistem Informasi Manajemen PT Timah Tbk

Optimalisasi dan Peluang Sistem Informasi Manajemen PT Timah Tbk

| Gmd : Text

| Availability :

00000009083270 (GFP)Available - Ada

Publisher :IPMI , 2003

Analisa singkat dalam GFP ini adalah review atas strategi Sistim Informasi Manajemen PT Timah dalam menyikapi perangkat dan teknologi sistim informasi yang berkembang pesat sejalan dengan perkembangan dunia usaha. Sistim Informasi Manajemen PT Timah memiliki kekuatan infrastruktur jaringan yang saat ini merupakan salah satu jaringan yang paling up to date di Propinsi Kepulauan Bangka Belitung, disamping beberapa kelemahan dalam bidang hardware dan software yang belum bisa mendukung demand pihak luar yang merupakan peluang pasar yang cukup menjanjikan apabila Sistim Informasi yang dimiliki tersebut dapat di maintain dengan baik. Strategi Sistim Infomasi Manajemen PT Timah dalam review ini dikemas dalam beberapa alternatif yaitu:



1. Stay as it with some customization. Alternatif ini menyatakan bahwa Sistim informasi Manajemen PT Timah akan tetap mempertahankan eksistensinya dengan melakukan beberapa kustomisasi sesuai dengan User Needs. Optimalisasi sistim MIMS yang masih merupakan system integrasi Supply, Maintenance dan Financial sekarang ini disarankan untuk dikembangkan di beberapa modul misalnya di proses pengadaan stok bijih yang mengakomodir sistem pengadaan spare part. Pembuatan beberapa aplikasi program yang sederhana dan memenuhi kebutuhan users dalam jangka pendek.



2. Upgrade. Sistim Informasi Manajemen PT Timah diharapkan melakukan upgrade atas program yang ada sekarang, hal ini disebabkan beberapa permasalahan diantaranya usia server dan hubungan dengan vendor. Beberapa alternatif yang disarankan adalah mengganti MIMS dengan program baru, membeli program stand alone yang akan melengkapi MIMS dengan tetap meneruskan memakai program MIMS berarti mengupgrade MIMS dengan versi baru dengan Operating System yang baru pula dimana hal ini akan menelan cost investasi yang cukup tinggi (Pengalaman Newmont berkisar Rp.7 milyar). Studi kelayakan ini group setelah ada persetujuan dari BOD untuk implementasi selanjutnya.



3. Idle Capacity. Alternatif ketiga merupakan alternatif yang memanfaatkan kemungkinan idle space jaringan yang masih ada untuk dikembangkan bagi kepentingan internal (e- learning) maupun eksternal (B-Digisland). Kajian keuangan dan studi kelayakan merupakan bagian yang terpisah secara strategis dari review ini.



Research Location: PT Tambang Timah Tbk.

Supervisor: Andy Juniarso, SE, MBA and Mimpin Sitepu, SE, MM.

Accepted: 31 August 2003



Read at library only.

Series Title
-
Call Number
270
Publisher Place Jakarta
Collation
ix, 112p.: figs., tabs; 27 cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Classification
-

No other version available



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this