Image of Menjelang senja di santiago : otobiografi seorang diplomat

Menjelang senja di santiago : otobiografi seorang diplomat

| Gmd : Text

| Availability :

40042024GDS644.1 2023IPMI KalibataAvailable
40052024GDS644.1 2023IPMI KalibataAvailable

Publisher :Ledalero , 2022

Buku ini merupakan sebuah karya yang merefleksikan kembali perjalanan karir dari seorang anak yang dilahirkan dari keluarga sederhana di Flores, Nusa Tenggara Timur (NTT) hingga puncak karirnya sebagai Duta Besar di Chile, sebuah negara di Amerika Latin.

Penulis, mengkisahkan dengan runut perjalanan hidupnya. Ia menyadari bahwa pencapaiannya hingga saat ini bukanlah proses linear, karena banyak tantangan dan keterbatasan dalam hidupnya yang justru menarik untuk kita maknai sebagai sebuah pelajaran. Buku ini tidak sedang berpretensi menjadi tulisan ilmiah dalam ilmu hubungan internasional dan diplomasi, tetapi justru penuturan yang penuh cerita akan menjadi hal yang menarik bagi mahasiswa untuk meniti jejaknya jika ingin menjadi seorang diplomat. Membaca buku ini seakan kita dihadapkan dengan seorang pribadi yang patut menjadi panutan bagi para mahasiswa dan generasi mendatang, karena beliau bukan hanya seorang professional yang penuh integritas hingga mencapai puncak karir sebagai duta besar, tetapi juga merupakan pembelajar yang gigih dengan menamatkan doktoralnya di Jerman. Kesuksesan karir dan akademisnya juga diimbangi dengan bekal moral dan spiritual yang mengakar kuat, apalagi beliau adalah lulusan sekolah seminari saat muda. Beliau tetaplah sosok yang sederhana, selalu berusaha untuk mendefinisikan capaian dan pengabdian tertinggi dalam hidup pada sisi kemanusiaan dan kemanfaatan yang nyata bagi masyarakat.

Dengan judul buku yang dipilihnya, penulis tidak sekedar mengajak beromantisme tentang masa lalu, tetapi berusaha menapaki kisah yang akan menginspirasi generasi yang akan datang. Kisah-kisah dalam buku ini membukakan jendela dunia, dan lebih dari itu, deskripsi dan pilihan katanya mampu menghidupkan indra kita untuk masuk ke dalam perjalanan yang nyata. Sebagai sebuah otobiografi, kisanya begitu kaya. Mengenalkan pembaca pada budaya dan kehidupan masyarakat di tempat kelahirannya, hingga menyelami kehidupan profesionalnya sebagai diplomat di berbagai negara.

Membaca tulisan dalam buku ini pembaca benar-benar masuk ke dalam diri penulisnya, merasakan setiap langkah yang pernah dilaluinya. Buku ini tak lain adalah sebuah otobiografi yang menjalankan tugasnya dengan baik. Memberikan perspektif yang lengkap dan mendalam tanpa perlu melebih-lebihkan. Sebuah karya yang hanya datang dari ketulusan hati, dan kejernihan berfikir.

Series Title
-
Call Number
DS644.1 2023
Publisher Place Maumere
Collation
xvii, 453 p. : ill. ; 24 cm
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9786236724217
Classification
DS644.1
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Info
-
Statement
Content Type
-

No other version available



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this