Image of Hak kekayaan intelektual dan budaya hukum

Hak kekayaan intelektual dan budaya hukum

| Gmd : Text

| Availability :

00000009462KF2980 .R57 2004 (General Book)Available - Ada

Publisher :RajaGrafindo Persada, PT , 2004

Meskipun sudah menjadi isu global, terutama setelah persetujuan TIRPs dimana Indonesia menjadi salah satu negara yang ikut menandatangani persetujuan tersebut, masalah hak cipta, hak paten, merek, dan Hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI) lainnya, di Indonesia masih menjadi permasalahan yang kompleks, penuh paradoks, ambiguitas dan dilematis.

Hak cipta, hak paten, dan merek merupakan bagian dari sekumpulan hak yang dinamakan Hak-hak atas Kekayaan Intelektual (HaKI). Pengaturannya terdapat dalam ilmu hukum yang dinamakan Hukum HaKI. Hukum HaKI meliputi suatu bidang hukum yang membidangi hak-hak yuridis dari karya-karya atau ciptaan-ciptaan hasil olah pikir manusia berkaitan dengan kepentingan-kepentingan yang bersifat ekonomi dan moral. Hukum HaKI mencegah dilakukannya tindakan penjiplakan atau plagiat, atau suatu tindakan dengan maksud menarik keuntungan dari karya cipta orang lain.

Isi buku ini menjadi semakin menarik, karena tidak saja memuat mengenai Undang-undang Hak Cipta, Paten, Merek Dagang, konsep dasar HaKI, aspek hukum dalam desain industri, arbitrase dan rahasia dagang, namun lebih jauh lagi buku ini mengetengahkan kearifan tradisional (local genius) sebagai pengetahuan tradisional (traditional knowledge) yang harus dilindungi. Memang dilematis : disatu sisi traditional knowledge merupakan produk budaya masyarakat tradisional yang anonim, kolektif, dan bisa dimiliki siapa saja; namun disisi lain, produk tersebut merupakan hasil olah pikir dan kreasi manusia yang harus dilindungi hak-haknya, sesuai dengan Hukum HaKI.

Series Title
-
Call Number
KF2980 .R57 2004
Publisher Place Jakarta
Collation
x, 218p.; 22cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9794219967
Classification
KF
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Info
-
Statement
Content Type
-

No other version available



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this