Image of Pembangunan & krisis : memetakan perekonomian Indonesia

Pembangunan & krisis : memetakan perekonomian Indonesia

| Gmd : Text

| Availability :

00000009893HD70 .I52Y87 2002 (General Book)Available - Ada

Publisher :Grasindo , 2002

secara garis besar, fase pembangunan seperti yang dialami banyak negara dunia ketiga, yakni pembangunan, ketergantungan, dan krisis, juga berlangsung di Indonesia. setidaknya, sejak dekade 1960-an pemerintah Indonesia mengerjakan proses pembangunan ekonomi secara sistematis untuk mengejar target pertumbuhan ekonomi dan peningkatan investasi. Tujuan pembangunan ekonomi yang berorientasi pada pencapaian material tersebut tentunya sebangun dengan ide "fordisme" yang disebar oleh badan-badan multilateral dan juga negara-negara lain.

menarik juga untuk ditelaah secara lebih mendalam, target pertumbuhan ekonomi itu dicapai lewat sokongan pihak asing melalui instrumen utang luar negeri dan penanaman modal asing ; dua instrumen yang dipercaya sebagai "kaki" untuk menjalankan politik ekonomi liberalisasi negara maju. Dalam skala yang masif, Indonesia menyerap ULN dan PMA dalam dosis yang tinggi sehingga masuk dalam klasifikasi yang dipandang sangat ramah terhadap dua piranti tsb.

Akhirnya sperti juga kisah negara-negara yang memiliki karakteristik yang sama, pada pertengahan tahun 1997 Indonesia terjungkal untuk kesekian kalinya akibat diterh=jang badai krisis ekonomi. Sejak tahun itulah secara resmi lembaga multilateral masuk untuk membantu memulihkan perekonomian Indonesia. Faktanya, proses pengobatan (pemulihan) tsb terusberlangsung sampai kini tetapi masa depan ekonomi Indonesia tidak kunjung pasti.

Series Title
-
Call Number
HD70 .I52Y87 2002
Publisher Place Jakarta
Collation
xix, 303p.; 21cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
979695866X
Classification
HD70
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Info
-
Statement
Content Type
-

No other version available



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this