Image of WNI keturunan Tionghoa dalam stabiitas ekonomi dan politik Indonesia

WNI keturunan Tionghoa dalam stabiitas ekonomi dan politik Indonesia

| Gmd : Text

| Availability :

00000011061KNW2430 .S93 2009 (General Book)Available - Ada

Publisher :Gramedia Pustaka Utama , 2009

Dalam kurun waktu puluhan tahun, WNI keturunan Tionghoa selalu menjadi sorotan tajam di negeri ini. Mereka sering dipersulit saat mengurus berbagai dokumen, dilecehkan, disudutkan, dan dijadikan kambing hitam ketika masalah-masalah berbau rasialis mencuat di negara ini.

Kita lupa atau bahkan mengabaikan bahwa WNI keturunan Tinghoa juga hidup, berpikir, bekerja, dan berbuat sesuatu demi negeri ini. Seperti halnya suku-suku lain, diantara mereka ada yang sangat kaya, kaya, menengah, sederhanan, miskin, dan sangat miskin.Di daerah perkotaan terlihat mereka hidup berkecukupan, bahkan ada yang kaya-raya da superkaya, sebagian besar adalah pengusaha kelas atas, menengah, menengah ke bawah atau kecil.

Namun, kenyataan juga memperlihatkan bahwa WNI Tionghoa banyak yang hidup sederhana bahkan miskin, seperti mereka yang bekerja sebagai nelayan di daerah Tangerang, Sumatera Utara, Riau dan Bangka sebagai tukang becak, kuli, supir angkot, pesuruh, pembantu rumah tangga, pekerka-pekerja kasar di daerah Kalimantan Barat (Sambas dan Singkawang), Bangka. Namun, mereka semua berusaha berkontribusi dan menorehkan nama baik untuk negara yang mereka cintai melalui berbagai cara entah lewat bidang ekonomi, olharaga, kebudayaan, keilmuawan maupun politik.

Fakta-fakta itu perlu diinformasikan kepada segenap anak bangsa Indonesia agar mereka mempuanyai penilaian yang objektif dan tidak diskriminatif sehingga mencegah timbulnya rasa benci, tidak senang, prasangka-prasangka buruk lainnya terhadap WNI keturunan Tinghoa.

Buku ini berusaha memotret kehidupan WNI keturunan Tionghoa secara objectif dan apa peranan mereka dalam kehidupan berbagsa dan bernegara sehingga bermanfaat bagi proses persatuan dan kesatuan yang lebih kokoh bagi Indonesia yang menjunjung tinggi pluralisme, asa Bhinneka Tunggal Ika dan falsafah negara kita yang berdasarkan Pancasila.

Series Title
-
Call Number
KNW2430 .S93 2009
Publisher Place Jakarta
Collation
xxi, 428p.; 24cm.
Language
English
ISBN/ISSN
9789792241525
Classification
KNW2430
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Info
-
Statement
Content Type
-

No other version available



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this