Image of Optimisasi Produk Jamu dan Kosmetika PT Mustika Ratu

Optimisasi Produk Jamu dan Kosmetika PT Mustika Ratu

| Gmd : Text

| Availability :

0000001120914 (GFP)Available - Ada

Publisher :IPMI , 1986

Perkembangan industri jamu dan kosmetika tradisional di Indonesia pada tahun-tahun terakhir adalah sangat pesat. Hal ini terlihat juga pada PT Mustika Ratu dimana volume penjualannya pada tahun 1986 sangatlah mengesankan.

Untuk lebih meningkatkan profitabilitas perlu diadakan optimisasi produk dengan cara memberikan prioritas dana pemasaran, pengembangan produk maupun penekanan biaya produksi berdasarkan tingkat profitabilitas masing-masing produk yang diukur secara relatif baik dari kontribusi margin maupun market share, serta tingkat pertumbuhannya.

Pendekatan yang dipakai dalam analisa adalah metode portfolio produk. Untuk analisa internal, yaitu analisa perbandingan tingkat profitabilitas antar produk Mustika Ratu sendiri dipakai parameter kontribusi margin relatif. Sedang untuk analisa secara eksternal yaitu analisa perbandingan produk Mustika Ratu dengan produk saingan terdekat, dalam hal ini Sari Ayu, dipakai metode portfolio produk yang dikembangkan oleh Boston Consulting Group (BCG). Posisi masing-masing produk di dalam diagram portfolio produk kemudian dipakai untuk menentukan prioritas anggaran.



Research Location : PT Mustika Ratu

Supervisor : Ahmad D. Habir

Accepted on 1986.



Read at Library Only.

Series Title
-
Call Number
14
Publisher Place Jakarta
Collation
in various pagings ; 30cm.
Language
English
ISBN/ISSN
-
Classification
-
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
-
Subject(s)
Specific Info
-
Statement
Content Type
-

No other version available



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this