Image of Structural equation modeling dalam penelitian manajemen : aplikasi model-model rumit dalam penelitian untuk Tesis Magister & Disertasi Doktor

Structural equation modeling dalam penelitian manajemen : aplikasi model-model rumit dalam penelitian untuk Tesis Magister & Disertasi Doktor

| Gmd : Text

| Availability :

00000011484H61.25 .F47 2005 (General Book)Available - Ada

Publisher :BP Undip , 2005

Buku Structural Equation Modeling edisi 3 ini disiapkan untuk membantu mahasiswa dan peneliti umumnya dalam merancang penelitian manajemen, terutama yang memungkinkan pengujian model-model manajemen yang relatif rumit. Yang dimaksudkan dengan model yang rumit adalah model-model simultan yang dibentuk melalui lebih dari satu variabel dependen yang dijelaskan oleh satu atau beberapa variabel independen, dan dimana sebuah variabel dependen pada saat yang sama berperan sebagai variabel independen bagi hubungan berjenjang lainnya, yang dikenal sebagai variabel intervening dan variabel moderating. Model yang rumit adalah juga model yang dikembangkan dengan alur antesedens dan konsekuensi atau model sebab akbiat atau causal model. Itulah sebabnya structural equation model disebut juga sebagai causal model. Model yang rumit adalah juga model yang mempunyai alur berjenjang dan karena itu disebut juga Path Model atau Path Analysis.

Keunggulan aplikasi Structural Equation Model (SEM) dalam penelitian manajemen adalah karena kemampuannya untuk menampilkan sebuah model komprehensif bersamaan dengan kemampuannya untuk mengkonfirmasi dimensi atau faktor dari sebuah konsep (yang sangat lazim digunakan dalam manajemen) melalui indikator-indikator empiris serta kemampuannya untuk mengukur pengaruh antar faktor secara teoritis ada. Oleh karena itu SEM biasanya dipandang sebagai kombinasi antara analisis faktor dan analisis regresi, dan tentu saja dapat diaplikasikan secara terpisah hanya dalam analisis faktor (yaitu Confirmatory Factor Analysis) ataupun hanya dalam analisis regresi.

Sebuah mater tambahan dsajikan dalam edisi ini yaitu mengenai measurement & scaling dengan pedoman bagaimana menyiapkan instrumen pengumpulan data yang sesuai. Materi ini tentu saja tidak berlaku khusus untuk analisis SEM, namun karena peran pentingnya serta risiko yang dihadapi bila terjadi salah pengukuran, maka materi ini disajikan dalam buku ini sebagai pedoman bagi para mahasiswa dalam menyiapkan instrumen pengumpulan datanya.

Buku ini disajikan dalam sebuah format yang memungkinkan pembaca dapat menggunakannya secara optimal. Setiap bagian pembahasan diupayakan serinci mungkin berikut petunjuk tehnik pengoperasiannya melalui program AMOS 4.01. Sebuah contoh pemodelan disajikan agar dapat memberikan pedoman tehnis bagaimana pembaca dapat menganalisis sendiri data penelitiannya untuk model-model rumit yang dikembangkannya.

Contoh-contoh yang disajikan dalam buku ini dianalisis dengan program AMOS 4.01. Bagi mereka yang memiliki program AMOS 5.0 yaitu versi lanjutan dari AMOS yang ada, buku ini tetap dapat digunakan.


Series Title
-
Call Number
H61.25 .F47 2005
Publisher Place Semarang, Indonesia
Collation
iii, 390p.; 24cm.
Language
Indonesia
ISBN/ISSN
9799156750
Classification
H
Media Type
-
Carrier Type
-
Edition
edisi ke-3
Subject(s)
Specific Info
-
Statement
Content Type
-

No other version available



Information


RECORD DETAIL


Back To PreviousXML DetailCite this